Dr. Gina Lova Sari Dosen UNSI Karawang, Orang Kotabaru Kalsel Yang Tulisan Ilmiahnya Diterbitkan Jurnal Internasional

Satu lagi orang kotabaru yang membagakan di luar daerah, berhasil menjadi anak muda dengan sejuta Prestasi dan sukses di Pendidikan dan menuju jalan cerah Untuk karir yang jauh lebih cemerlang. Setidaknya kami yang membaca pun ikut senang. dan terus mendoakan agar terus berhasil dalam cita cita yang ingin digapai.

Oleh: Faizal Arifin

Di Ambil Dari Website Resmi UNSIKA.AC.ID

Gina Lova Sari adalah salah satu dosen peringkat atas sebagai peneliti pada afiliasi Universitas Singaperbangsa Karawang berdasarkan portal indeks penelitian Sinta (Science and Technology Index). Gina memperoleh indikator 3 Year Score v2 dengan poin 378.5, sedangkan All year score sejumlah 452.5 (Overall score). Adapun untuk skor indeks Scopus dan Google yaitu H-index Scopus 4 sedangkan Google H-Index 5. Wanita kelahiran Kotabaru, 26 Agustus 1990 ini, bernama lengkap Dr. Gina Lova Sari, ST., MT., namun lebih ingin dipanggil dengan “bu Gina” saja.

Bu Gina, peringkat pertama peneliti pada Sinta Unsika
Bu Gina, dosen muda yang banyak melakukan publikasi pada jurnal internasional

Gina berhasil mempublikasikan delapan penelitiannya pada jurnal internasional terindeks Scopus. Dengan rincian dua artikel pada level Q1, tiga artikel pada level Q2, sedangkan Q3 berjumlah tiga artikel ilmiah. Berikut merupakan artikel ilmiah yang masuk dalam jurnal internasional:

  1. Bioremediation of petroleum hydrocarbons in crude oil contaminated soil from wonocolo public oilfields using aerobic composting with yard waste and rumen residue amendments pada Journal of Sustainable Development of Energy, Water and Environment Systems (2019)
  2. Isolation and Identification of Native Bacteria from Total Petroleum Hydrocarbon Polluted Soil in Wonocolo Sub-District, Indonesia pada Journal of Ecological Engineering (2019)
  3. An overview of electrokinetic soil flushing and its effect on bioremediation of hydrocarbon contaminated soil pada Journal of Environmental Management (2018)
  4. Compost humic acid-like isolates from composting process as bio-based surfactant: Properties and feasibility to solubilize hydrocarbon from crude oil contaminated soil pada Journal of Environmental Management (2018)
  5. Hydrocarbon removal in oil-contaminated soil using in-vessel composting with yard waste and rumen waste pada Journal of Hazardous, Toxic, and Radioactive Waste (2018)
  6. Identification of total petroleum hydrocarbon and heavy metals levels in crude oil contaminated soil at wonocolo public mining pada Environment Asia (2018)
  7. Petroleum hydrocarbon pollution in soil and surface water by public oil fields in Wonocolo sub-district, Indonesia pada Journal of Ecological Engineering (2018)
  8. Bioremediation of soil contaminated with native polycyclic aromatic hydrocarbons from unburnt coal using an in-vessel composting method pada Bioremediation Journal (2018)

Pencapaian yang dilakukan oleh dosen pada program studi S1 Teknik Lingkungan Unsika ini tidak terlepas dari bimbingan para promotor doktoral di Departemen Teknik Lingkungan Institut Teknologi Sepuluh November. Judul disertasi mengantarkannya menjadi doktor adalah “Teknologi Composting dan Peran Biobased Surfaktant  dalam Menyisihkan Total Petroleum Hydrocarbon pada Tanah Terkontaminasi Minyak Bumi” yang sidang terbuka pada 23 Juli 2018. Kegiatan ini dihadiri oleh sivitas akademika Unsika diantaranya Rektor Unsika dan keluarga Fakultas Teknik Unsika.

Bu Gina bersama Rektor Unsika dan keluarga besar Fakultas Teknik
Bu Gina bersama Rektor Unsika dan keluarga besar Fakultas Teknik

Kami mendapatkan kesempatan untuk melakukan interview eksklusif dengan bu Gina dengan tujuan menguak kisah di balik layar atas prestasinya di atas kertas. Dengan keterangan P untuk Penanya dan GLS untuk Gina Lova Sari. Berikut kutipan wawancara:

P: Bagaimana perasaan Bu Gina menjadi salah satu peneliti peringkat atas pada Sinta Unsika?

GLS: Rasanya menjadi salah satu peringkat atas di Sinta untuk afiliasi Unsika pasti senang dan ada rasa bangga. Tetapi lebih dari itu, [hal] ini juga menjadi PR (Pekerjaan Rumah) ke depan supaya bisa mempertahankan peringkat dan harus meningkatkan perolehan skor SINTA saya. Artinya, saya harus tetap produktif menulis dan menghasilkan karya.

P: Bu Gina belajar dari mana hingga bisa sampai banyak tembus jurnal internasional?

GLS: Secara spesifik, saya rasanya ga banyak ikut pelatihan atau apapun untuk pertanyaan [sumber] belajar dari mana. Saya pernah satu kali mengikuti seminar penulisan karya tulis ilmiah pada tahun 2017. Ada beberapa poin mendasar yang kemudian saya compare dengan tutorial [menulis] di Google. Semua hampir sama dan tidak ada [perbedaan] secara spesifik [yang] menjelaskan tips dan trik untuk menembus jurnal internasional. Justru saya lebih banyak belajar dari Promotor dan Penguji semasa S3 yaitu Prof. Yulinah Trihadiningrum dan Prof. Siti Rozaimah Syeikh Abdullah mengenai cara menulis disertasi dan artikel yang baik. Saya juga belajar secara otodidak dari berbagai komentar yang dikirim setelah proses review dilakukan oleh reviewer [jurnal] karena setiap orang punya keahlian dan sudut pandang yang berbeda. Dari proses ini saya simpulkan bahwa ilmu memang tidak bisa berdiri sendiri, [karena] semua memiliki porsinya masing-masing. Tugas kita sebagai penulis adalah menyediakan semua itu dalam artikel sehingga informasi bisa di-deliver sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman [bidang keilmuan kontemporer]. 

P: Bu Gina meraih gelar doktor pada usia yang sangat muda, bagaimana Anda melalui proses tersebut?

GLS:  Alhamdulillah, lulus program doktoral tepat waktu [selama] 3 tahun, pada penghujung umur 27 tahun dengan predikat cum laude. Bagaimana bisa? Saya juga kurang paham ini menjawabnya. Tapi kalau boleh mengutip speech promotor saya saat sidang promosi doktor, beliau bilang kalau saya punya niat yang kuat dengan pola kerja yang efektif dan efisien. Beliau bilang niat yg kuat itu, dapat dilihat di profil WA [WhatsApp] saya yg tertulis 2018, selesai. Saya tidak sadar dengan hal tersebut, tapi memang profil [WA] itu saya tuliskan saat baru masuk di program doktoral tahun 2015 dan alhamdulillah target tercapai.

Bu Gina Setelah Sidang Terbuka Promosi Doktor
Bu Gina Setelah Sidang Terbuka Promosi Doktor

P: Apa pesan motivasi untuk mahasiswa Unsika?

GLS: Atur target, tujuan, dan sukses masing2, siapkan langkah2 utk mencapai keduanya, jalankan langkah2 itu dg niat yg kuat dan tetap istiqamah. Jangan lupa saling membantu. Tidak perlu merasa teman adalah rival, kenapa? Karena setiap orang punya takaran dan jalan sukses masing2. Jadilah salah satu yg maju tanpa menyingkirkan org lain dan naik tanpa menjatuhkan org lain. 

P: Apa yang perlu dilakukan civitas academica agar dapat produktif menulis?

GLS: Menurut saya pribadi yang perlu dilakukan hanya dua yaitu melakukan penelitian sesuai dengan keahlian masing-masing dan banyak membaca perkembangan [terkini] tentang penelitian tersebut. Kadang banyak yang lupa hal-hal mendasar seperti scope dan format jurnal yang seharusnya dipahami sebelum kita melakukan submission, karena kalau dua aspek [dasar] ini tidak sesuai dengan rule [jurnal] sudah pasti hasilnya ditolak oleh editor sebelum maju ke proses review. Perhatikan dan telisik profil jurnal itu penting, terlebih statusnya sebagai jurnal yang ‘aman’ atau tidak. Jangan karena ingin cepat, dan cari jalan pintas dengan membayar ternyata jurnalnya masuk dalam kategori predator, yang nantinya malah berdampak kepada penulis sendiri. 

Alhamdulillah sekarang ada program unggulan HIPKA yang pasti bisa mengatasi berbagai permasalahan mengenai penelitian di Unsika, salah satunya adalah pendanaan yang saat ini disiapkan cukup untuk melakukan penelitian yang komprehensif sehingga data-data yang diperoleh bisa memenuhi syarat para reviewer internasional.

Semoga kisah sharing dengan bu Gina menginspirasi kita untuk terus berkarya dan tidak mudah menyerah!

Sumber:
https://scholar.google.co.id/citations?user=B25hY-UAAAAJ&hl=id

http://sinta.ristekbrin.go.id/authors/detail?id=6002770&view=overview
http://enviro.its.ac.id/?u_event=sidang-tebuka-promosi-doktoral-a-n-gina-lova-sari

Share on Google Plus

About Info Kalimantan Selatan

0 comments:

Posting Komentar