Panel Surya Terbaik Sebagai Sumber Energi Listrik

Panel Surya Terbaik Sebagai Sumber Energi Listrik 

Panel Surya Terbaik Sebagai Sumber Energi Listrik

Pembangkit listrik tenaga surya merupakan alternatif yang paling ramah lingkungan. Aplikasi PLTS ini menggunakan solar panel yang dipasang di tempat terbuka. Sumber energi listrik ini tidak pernah habis karena memanfaatkan panas matahari yang tidak terbatas dan melimpah. Namun, pasang solar panel membutuhkan keahlian khusus dan perhitungan yang matang. 


Panel Surya Terbaik Untuk PLTS Panel surya dapat mengubah panas menjadi energi listrik. Namun, jika panel yang dipilih tidak sesuai, energi yang dihasilkan tidak maksimal. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui jenis panel surya dan spesifikasinya sebagai berikut.
  • Panel Polykristalin
Jenis panel dapat menimbulkan efek logam serpihan karena terbuat dari kristal silikon block cast. Panel Polykristalin mampu memberikan efesiensi sebesar 13.5% pada suhu 25 derajat celsius. Tingginya rating efesiensi tersebut disebabkan karena elektron yang terjebak antara kristal individu dengan batu kristal dalam panel.
Pemasangan panel Polykristalin ini membutuhkan luas yang besar. Panel Polykristalin mempunyai kelebihan utama yaitu dapat mengubah energi yang tinggi dengan kondisi cuaca tertentu.
Untuk ukuran daya Polykristalin ini 12 volt dengan power 80 watt. Panjang Polykristalin sekitar 870 mm, lebar 670 mm dan tebal 35 mm. Harga panel ini masih dibawah panel Monokristalin yaitu Rp. 1.3 juta dengan berat sekitar 6.5 kg.

  • Panel Monokristalin
Terdapat juga penal Monokristalin yang dibuat secara alami di laboratorium. Panel ini terbuat dari kristal silikon tunggal. Produk panel Monokristalin lebih mahal dibandingkan panel surya lainya karena dibuat dengan proses recystallising. Tingkat efesiensi Monokristalin pada suhu 25 hingga 50 derajat celsius sekitar 12%.
Penggunaan panel Monokristalin biasanya pada daerah beriklim tropis. Karena memerlukan konsumsi daya listrik yang besar. Panel ini mempunyai kelemahan jika ditempatkan pada tempat yang kurang sinar matahari. Panel surya Monokristalin tidak berfungsi dengan baik bahkan tidak ada energi yang diserap.
Daya dalam panel Monokristalin ini sebesar 800 watt dan 12 volt. Beratnya sekitar 6.5 kg dengan dimensi panjang 1.190 mm, lebar 550 mm dan tebal 30 mm. Panel Monokristalin mempunyai harga sekitar Rp. 1.6 juta atau lebih mahal dari panel lain karena dapat menyerap energi surya dengan baik.

Selain pemasangan dan perhitungan, Anda juga harus mengetahui produk panel surya yang terbaik dan berkualitas. Sewatama menyediakan berbagai produk terbaik untuk solusi kelistrikan Anda. Anda dapat memilih produk tersebut disesuaikan dengan type atap rumah, penggunaan listrik dan biaya yang dikeluarkan dalam sebulan.





Share on Google Plus

About Info Kalimantan Selatan

0 comments:

Posting Komentar