Trik Cara Ganti Ban Mobil yang Baik dan Benar


Trik Cara Ganti Ban Mobil yang Baik dan Benar


Melakukan semuanya dengan mandiri merupakan pilihan yang sebenarnya sangat diprioritaskan, termasuk dalam hal perbaik dan perawatan komponen mobil. Selain hemat biaya, melakukan semuanya sendiri membuat hubungan Anda dengan mobil terasa lebih dekat. Tidak tahu caranya ganti ban mobil? Tenang, tidak perlu khawatir. Anda berada di tempat yang tepat untuk mengetahui cara ganti ban mobil yang baik dan benar.
Apa Saja yang Harus Dilakukan untuk Mengganti Ban Mobil
Mengganti ban mobil bukan pekerjaan yang sepele. Persiapkan waktu luang untuk melakukannya, terlebih untuk Anda seorang pemula. Berikut adalah langkah-langkah mengganti ban mobil yang dapat Anda lakukan sendiri.
1.     Mempersiapkan Alat-alat
Persiapkanlah alat-alat untuk mengganti mobil ban karena tanpa alat tersebut, Anda tidak mungkin bisa mengganti ban. Alat-alat tersebut adalah dongkrak, kunci roda, dan ban cadangan. Untuk mengantisipasi lupa, simpan alat-alat tersebut di lokasi yang mudah diingat, diantaranya di bagasi atau garasi mobil.
2.     Kendurkan Baut
Jika terdapat lubang baut, maka langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengendurkan lubang baut. Caranya dengan mencungkil penutup dengan obeng. Selanjutnya, putar melawan arah jarum jam. Lakukan proses tersebut sampai selesai. Ingat, yang Anda lakukan adalah cukup mengendurkan saja hingga longgar.
3.     Pasang Dongkrak dan Buka Baut
Langkah selanjutnya adalah memasang dongkrak. Pasang dongkrak pada struktur mobil yang kuat. Pastikan posisi dongkrak tegak lurus. Setelah selesai dipasang, angkat mobil tersebut hingga posisi ban terangkat. Setelah terangkat, buka baut ban seluruhnya. Jangan lupa untuk menyimpan baut di tempat yang mudah dijangkau.
4.     Pasang Ban Pengganti
Sekarang, saatnya Anda mengganti ban dengan memasangnya dengan ban pengganti atau cadangan. Anda bisa memasukkan dengan cara menggoyang-goyangnya sampai terpasangan sempurna. Setelah itu, pasang baut yang sudah dilepas tadi semuanya. Pastikan semua baut sudah terpasang dengan baik.
5.     Turunkan Dongkrak
Sekarang, saatnya Anda menyelesaikan seluruh proses pergantian. Periksa apakah ban sudah terpasang dengan baik. Jika sudah, turunkan dongkrak secara perlahan. Lepas dongkrak jika ban sudah menyentuh tanah. Langkah terakhir adalah memeriksa baut dan kencangkan jika ada yang kurang kokoh dan kencang. Proses selesai, proses mengganti ban ini ternyata bisa lebih mudah dibandingkan merawat radiator mobil secara berkala.

Share on Google Plus

About Info Kalimantan Selatan

0 comments:

Posting Komentar