Harga Bawang Di Kalsel Naik Drastis

Hampir sepekan harga bawang putih masih belum stabil. Harga di tingkat eceran bervariasi dari Rp48 ribu hingga Rp50 ribu per kilogramnya.
Menurut sejumlah pedagang, kenaikan karena pasokan dari Jawa masih minim, sehingga stoknya tidak banyak didistributor.
"Sudah seminggu naiknya,ini sekarang Rp50 ribu perkilogramnya, mudah mudahan saat Ramadan harga bisa turun," ucap Imah pedagang bawang di Sentra Antasari, Senin (22/4) kemarin.
Tak hanya bawang putih, bawang merah pun ikut naik, harga di tingkat eceran mencapai Rp40 ribu per kilogramnya. "Bawang merah juga naik, tapi masih mahal bawang putih," ucap Ahmad pedagang lainnya.
Naiknya bawang merah dan putih ini praktis membuat bingung masyarakat, terutama ibu rumah tangga yang berkutat di dapur. "Bawang sekarang makin mahal, jadi terpaksa mengurangi bawang untuk setiap masakan," aku Ida salah satu masyarakat.
Hal senada diungkapkan Nana pedagang makanan, ia pun harus pintar-pintar mengatur keperluan bawang agar tidak rugi.
"Bawang putih sudah Rp50 ribu perkilogramnya, sebelumnya hanya sekitar Rp30 ribu saja, mudah mudahan harganya turun saat Ramadan," harapnya.
Kondisi ini rupanya terjadi di sejumlah daerah. Seperti di di Pasar Slipi, Jakarta Barat. Harga bawang merah dan tinggi masih terpantau tinggi di pasar tradisional. Yang paling murah adalah bawang merah yang dijual pedagang hingga Rp40 ribu per kilogram, tetapi harga bawang putih masih menembus Rp50 ribu per kg dan bahkan ada yang menjual sampai Rp60 ribu.
"Bawang merah Rp40 ribu per kg.  Bawang putih sekarang naik Rp50 ribu per kg, yang kating sekarang Rp55-56 ribu, seperempat Rp15 ribu per kg," ujar Lena (64) di Pasar Slipi, Jakarta Barat, Senin (22/4).
Lena menyebut harga cabai-cabai menurun, yakni cabai rawit seharga Rp30 ribu per kg, cabai merah keriting di kisaran Rp23-Rp25 ribu per kg, dan cabai hijau kecil bisa dibanderol pada Rp 35 ribu per kg.
Berbeda dari harga bawang, harga sayuran terpantau tak bergejolak. Harga wortel ada di kisaran Rp10 ribu-12 ribu per kg, kentang di rentang harga Rp11 ribu-12 ribu, hanya saha tomat masih relatif tinggi yakni Rp18 ribu-Rp20 ribu/kg. Lena menyebut mengambil mengambil langsung komoditas sayur dari Kramat Jati.
Pedagang lain Yani (50) menjual sedikit lebih tinggi, yakni harga bawang merah seharga Rp45 ribu per kg. Sementara, bawang putih sama-sama dijual Rp60 ribu per kg.
"Harga yang kating dan banci sama sekarang, tergantung kita saja jualnya berapa," jelas Yani yang menjual harga  bawang putih seperempat kilo seharga Rp15 ribu. (sya/lip6/ema) Sumber Rasar Banjar
Share on Google Plus

About Info Kalimantan Selatan

0 comments:

Posting Komentar