Jumat, 09 September 2016

PDAM Sudah Untung Rp 16 Miliar, Tapi Bakal Dapat Subsidi,Ini Alasannya

Sampai sekarang, PDAM Bandarmasih sudah bisa menghasilkan pendapatan. Bahkan 2015, PDAM mencapai pendapatan Rp 16 miliar. Dari jumlah itu Rp 7,5 miliar disetorkan ke kas daerah.
Meski begitu, PDAM Bandarmasin masih meminta subsidi pada Pemko Banjarmasin. Ini jika tarif yang ada dibawah full cost produksi.
Ini mengacu pada Permendagri baru hasil revisi Permendagri Nomor 23 Tahun 2006 tentang pedoman teknis dan tata cara pengaturan tarif air minum pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM).
Berasarkan peraturan yang baru saja disetujui itu, Pemerintah Daerah wajib memberikan subsidi jika tarif di bawah full cost.
Lantas apakah tarif PDAM sekarang di bawah full cost?
Direktur Utama PDAM Bandarmasih, Muslih, Jumat (9/9/2016) mengaku, pihaknya masih menghitung.
Menurutnya, dari beberapa golongan, kemungkinan masih ada dibawah full cost. Muslih menyebut hampir seluruh PDAM di Indonesia tarifnya masih di bawah operasional. Ini pula yang membuat banyak PDAM belum sehat.
PDAM sendiri dipastikan tak dapat penyertaan modal tahun ini. Dana awal pembangunan Rp 40 miliar juga urung didapatkan dari APBD Perubahan. Mengingat Pemko juga batal mengusulkannya. (*)
Sumber : tribunnews

SHARE THIS

Author:

HABAR BANUA KALIMANTAN SELATAN, TERBAIK DALAM PENYAMPAIAN AKURAT DALAM INFORMASI

0 comments: