Jumat, 09 September 2016

Bank Sampah Online

Bank sampah yang selama ini hanya tersedia secara offline atau manual dengan mengantar sampah sendiri ke tempat Bank sampah kini tak lagi.
Tiga orang mahasiswa FMIPA ULM yaitu M Ridho Handoko, M Nikman Nasir dan Marpuah yang kali itu menjadi salah satu dari tiga tim terbaik dalam boot camp akselerasi inovasi dan mendapatkan dana hibah. Mereka merancang sebuah bank sampah yang berbasis online.
Bank sampah ini terhubung dengan sebuah aplikasi berbasis Android. Kini diakui ketua tim, Ridho mereka sedang membuat aplikasi tersebut.
Didalam aplikasi itu akan ada rekening online yang akan menjadi rekap uang hasil penjualan.
Selain itu akan ada petugas yang akan mengambil sampah ke rumah penjual. Petugas tersebut nantinya juga akan dilengkapi dengan GPS.
"Kita nanti rencananya akan bekerjasama dengan mahasiswa Teknik Lingkungan ULM yang sudah lama membuat Bank sampah," ujarnya.
Selain itu akan ada fitur informasi sampah apa saja yang bisa jual ke bank sampah. Ini tentunya menjadi edukasi bagi masyarakat.
Selama ini bank sampah menurutnya masih kurang diminati. Penjual harus memilah sampah dan mengantar sampah ke Bank sampah, namun nanti sampah akan dijemput langsung ke rumah. (*)

Sumber : tribunnews

SHARE THIS

Author:

HABAR BANUA KALIMANTAN SELATAN, TERBAIK DALAM PENYAMPAIAN AKURAT DALAM INFORMASI

0 comments: