Beriklan Disini

Warga Masih Suka Manual daripada Online

PELAYANAN berbasis online sudah mulai dilakukan sejumlah instansi di lingkungan Kota Banjarmasin. Contohnya, Dinas Pendapatan Daerah Kota Banjarmasin sudah meluncurkan Quality Smart Service (Q-Smart Service) pada Juni 2016.
Subhan Noor Yaumil, Kepala Dispenda Kota Banjarmasin, menyebut ada lima item pelayanan yang menjadi bagian dari Q-Smart Service. Salah satunya one way service yakni pelayanan berbasis IT.
Ada dua aplikasi yang dibuat untuk pelayanan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) dan mutasi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).
Jadi warga tak pelu datang ke kantor, cukup lewat gadget. Begitu juga program tax service by web. Pembayaran PBB dan retribusi bisa lewat website.
Sebelumnya, Badan Badan Pelayanan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal (BP2TPM) Kota Banjarmasin juga telah meluncurkan pelayanan lewat online.
M Ikhsan Alhak, Kepala BP2TPM, mengklaim sejak 2014 menerapkan one day service atau layanan perizinan satu hari selesai. Tentunya aturan harus menyerahkan berkas lengkap pada pagi hari agar selesai siang.
“Pada 2016 ini, tiga inovasi sekaligus diterapkan, yaitu Perizinan IMB (Izin Mendirikan Bangunan) Online, Pendaftaran Online dan Pembayaran Retribusi Online,” jelas Ikhsan.Disebutkan dia, khusus pembayaran retribusi online, sekarang tidak mesti bayar di bank yang ada di kantor BP2TPM. Cukup melalui transfer antarrekening, ATM atau kliring. Uang itu akan langsung masuk kas daerah.
“Bagi warga yang sedang berada Jakarta, misalnya, tidak perlu menunggu pulang ke Banjarmasin untuk bayar retribusi. Silakan melalui pembayaran online,” paparnya.
Selengkapnya baca Banjarmasin Post edisi Kamis (25/8/2016) atau klik http://epaper.banjarmasinpost.co.id
Sumber : tribunnews
Share:

Join With Us

Yang Sering Dibaca

Pasang Iklan

Info Kalsel Hari Ini

IBX5832BBDA88A32

Pendidikan