Beriklan Disini

Tapin Miliki Cabai Paling Pedas di Indonesia

Dulu Kabupaten Tapin terkenal dengan panganan pisang asapnya atau biasa disebut rimpi. Paling banyak dijual di Binuang. Itu karena di kabupaten yang kaya batu bara ini juga terdapat banyak kebun pisang. Kini, Tapin bukan hanya dikenal karena gurihnya rimpi tapi juga oleh pedasnya cabai Hiyung.
Hiyung adalah jenis cabai rawit (Capsicum frutescens) yang tumbuh subur di Desa Hiyung Kecamatan Tapin Tengah. Makanya dinamakan Cabai Hiyung.
Lantaran kadar capsaisinnya mencapai 802,45 ppm, Hiyung disebut sebagai cabai paling pedas di Indonesia. Oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Tapin segera menyertifikasi Cabai Hiyung ke Kementerian Pertanian pada 2012. Jadi, Hiyung resmi terdaftar di Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian Kementerian Pertanian sejak 2012.
Tidak hanya sampai di situ, Pemkab Tapin juga meneliti Hiyung dengan membawanya ke sebuah laboratorium di Bogor, Jawa Barat. Hasilnya, kadar vitamin C pada Hiyung mencapai 763,52 ppm, vitamin A 11,83 IU/100 gr, protein 5,83 persen dan capsaisin 802.45 ppm. Kombinasi ini membuat Hiyung terasa sangat pedas. Selain itu memilik daya tahan simpan 9-15 hari.
Saat ini juga dirintis pengolahan Hiyung menjadi sambal kemasan yang bisa dijadikan oleh-oleh khas Tapin. Selain itu dirintis abon dari cabai Hiyung. Di samping sebagai terobosan ekonomi kreatif, ini juga untuk mengatasi panen raya dan bila harga cabai anjlok.
Selengkapnya baca Banjarmasin Post edisi cetak Minggu (14/8/2016) atau klik http://epaper.banjarmasinpost.co.id
Sumber : tribunnews
Share:

Join With Us

Ads Google

Yang Sering Dibaca

Pasang Iklan

Info Kalsel Hari Ini

IBX5832BBDA88A32

Pendidikan