Sabtu, 27 Agustus 2016

Pemko Banjarmasin Bangun Rusunawa Untuk Atasi Kekumuhan

Mengatasi kawasan kumuh di Kota Banjarmasin, Dinas Cipta Karya dan Perumahan Kota Banjarmasin, ke depan akan kembali membangun Rusunawa (Rumah Susun Sederhana Sewa).
Menurut H Akhmad Fanani, Kepala Dinas Cipta Karya dan Perumahan, untuk mempercepat mengatasi kekumuhan fisik suatu kawasan sangat diperlukan melakukan revolusi dengan membangun rumah susun sebagai tempat tinggal warga.
"Saya lihat di Jakarta kalau mau cepat atasi kawasan kumuh, banyak membangun rusunawa, selanjutnya warga di pemukiman kumuh dialihkan," ujarnya.
Tapi di Banjarmasin membangun rusunawa, harus memenuhi syarat, Pemko harus memiliki tanah sendiri. Maka untuk kedepan mereka akan memprogramkan membeli tanah, di lokasi kantong-kantong kumuh.
Memindah warga tidak mungkin jauh dari tempat tinggal mereka semula, agar tidak merasa dibuang. Misalnya kawasan kumuh di Banjarmasin Selatan, lahan yang akan dicari mesti di wilayah itu juga.
"Untuk kawasan kumuh itu di tiap kecamatan pasti ada," ujarnya.
Lahannya, pihaknya sudah mengajukan proposal dan sedang melakukan proses lahan di kawasan Muara Kelayan
Fanani, mengatakan, membangun Rusunawa, tentu ada dapat positifnya dengan pembangunan ke atas, daerah spot-spot di kawasan itu berpeluang untuk membuka ruang terbuka hijau,
"Peluangnya dengan membangun daerah tertentu kita bisa membuka kawasan terbuka,"
Namun tetap juga didukung peningkatan ekonomi rakyatnya. Permasalahan kumuh memang sangat kompleks, tidak hanya memperbaiki fisik, tetapi juga perbaikan ekonomi rakyatnya.
Sumber : tribunnews

SHARE THIS

Author:

HABAR BANUA KALIMANTAN SELATAN, TERBAIK DALAM PENYAMPAIAN AKURAT DALAM INFORMASI

0 comments: