Selasa, 23 Agustus 2016

Pasar Lama Akan Segera direvitalisasi Menjadi Pasar Semi Modern


 Pasar Lama adalah salah satu pasar di Kota Banjarmasin, Kalsel, yang segera direvitalisasi. Rencananya, kawasan itu dijadikan pasar semi modern. Bangunannya digadang bertingkat tiga. Namun tahun ini, penanganan Pasar Lama tidak lagi oleh Dinas Pengelolaan Pasar.
Ini karena SKPD tersebut digabung dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan. Ini menyesuaikan dengan Susunan Organisasi Perangkat Daerah yang mengacu PP Nomor 18 Tahun 2016.
Kepala Disperindag Kota Banjarmasin, Esya Zain mengatakan, nantinya pasar tradisional ditangani dinasnya dan PD Pasar. Dari 61 pasar yang ada, 50 bakal dikelola Disperindag dan sisanya oleh PD Pasar yang sekarang sedang dalam proses pembuatan perda untuk pembentukannya.
Pasar yang nantinya dikelola PD Pasar adalah yang dinilai sehat dan sudah tersentuh renovasi di antaranya Pasar Baru, Pasar Ujung Murung, Pasar Telawang, Pasar Tungging, dan Pasar Teluk Dalam.
"Ya, pasar-pasar yang dianggap sudah cukup sehatlah, dan sudah mendapat sentuhan renovasi dari pemerintah daerah," ujarnya.
Sisanya, termasuk Pasar Lama menjadi wewenang Disperindag. Menariknya, Pasar Lama masuk program Revitalisasi 1.000 pasar rakyat yang dicanangkan Presiden Joko Widodo, 2015 lalu.
Ini terbukti dengan adanya janji dana revitalisasi Pasar Lama melalui DAK (dana alokasi khusus). Bahkan anggaran yang dijanjikan cukup besar yakni Rp 35 miliar.
Menurut Esya, DAK untuk Pasar Lama itu bakal dikucurkan pada 2017. Namun syaratnya Pemko harus menyelesaikan pembebasan lahan disana. "Dananya besar sekali Rp 35 miliar. Namun syaratnya pada 2016 ini, Pemko harus menyelesaikan pembebasan lahan," jelasnya. (ire)
Sumber : tribunnews

SHARE THIS

Author:

HABAR BANUA KALIMANTAN SELATAN, TERBAIK DALAM PENYAMPAIAN AKURAT DALAM INFORMASI

0 comments: