Beriklan Disini

Orangtua dan Siswa Keroyok Guru, Ini Komentar Guru di Banjarmasin

Peristiwa guru SMK di Makassar yang dipukuli oleh siswa dan orangtua siswa mendapat tanggapan dari beberapa guru di Banjarmasin.
Salah satunya Sigit Raharjo, guru MAN 1 Banjarmasin. Pria yang akrab disapa Egi ini mengaku menyayangkan kejadian tersebut. Padahal, ketika guru menegur siswa, terkadang tanda tanggung jawab atas pekerjaannya.
Wajar jika seorang guru menegur siswanya jika ada kesalahan. Bahkan, jika guru itu masih menegur pada siswanya, itu tanda kalau pendidik itu masih perhatian pada yang dididik.
"Misalnya si siswa tak serius belajar. Sebagai guru punya keinginan agar si siswa bisa dengan cara serius belajar. Akhirnya ditegur," katanya.
Memang, ada batasan dalam menegur siswa. Misalnya tidak sampai menyakiti fisik mereka seperti memukul atau lainnya. "Kalau sebatas mencubit sayang sih tak masalah. Itu sebenarnya tanda cinta guru pada siswanya," katanya.
Jika saja guru cuek, tak menegur ketika siswanya berbuat kesalahan, tentunya berpengaruh pada masa depan siswa itu sendiri.
Orangtua juga harus mengerti hal ini. Jangan sampai, guru waswas dalam mengajar."Padahal niat kami itu untuk memberikan pendidikan yang terbaik bagi anak didik," katanya.
Hal serupa dikatakan Riris, guru SMAN 13 Banjarmasin. Menurutnya, tak ada guru yang berniat ingin menyakiti siswanya. "Kami-kami ini berharap anak didik kami jadi orang sukses semuanya," katanya.
Salah satunya terkadang dengan menegur bahkan sampai marah. Tapi itu dilakukan untuk kepentingan anak didik itu sendiri.
Dia juga memberi pesan pada orangtua agar tidak langsung menelan bulat-bulat ketika anak melapor soal gurunya. "Ketika ada anak melapor, tanyakan dulu pada gurunya. Soalnya terkadang apa yang disampaikan anak kebanyakan bumbunya," katanya.
Orangtua datang ke sekolah, lalu berbicara pada gurunya tersebut. Dari sini kadang akan terlihat masalah sebenarnya. "Kebanyakan dari anak juga. Dari sini kita bisa sama-sama mengatasi masalah pada anak itu," ujarnya.
Sumber : tribunnews
Share:

Join With Us

Ads Google

Yang Sering Dibaca

Pasang Iklan

Info Kalsel Hari Ini

IBX5832BBDA88A32

Pendidikan