Rabu, 24 Agustus 2016

Kebun Jeruk Desa Kaliukan Antar Selamet dan Istri ke Tanah Suci

KEBUN jeruk H Selamet (52) di Desa Kaliukan Kecamatan Astambul Kabupaten Banjar benar-benar terlihat menggiurkan. Buahnya yang besar, kuning kehijau-hijauan serta mengilap menghiasi setiap pohon.
Selamet pun mempersilakan BPost memetik dan merasakan buah pohon yang rata-rata setinggi 1,4 meter di galangan sawah seluas satu hektare itu. Jeruk milik anggota Kelompok Tani Pondang Rindang ini ternyata tidak hanya menarik dilihat tetapi juga manis. Ada sedikit rasa asam yang membuatnya lebih segar.
Serat buahnya juga tidak banyak dan nyaris tidak berbiji. Untuk mengupas pun begitu mudah karena kulitnya tipis.
Wajar saja bila jeruk Selamet mewakili Kalsel dalam kontes buah jeruk nasional Balitjestro Innovation Technology Expo 2016 di Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika (Balitjestro), Batu, Malang. Kalsel mengirim dua jenis jeruk yakni dari Kaliukan dan dari Kabupaten Baritokuala.
Dalam gelaran yang berlangsung pada 4-6 Agustus 2016 itu jeruk siam Selamet menyabet juara II. Sedang juara I diraih oleh jeruk siam milik Rana Farasati dari Medan, Sumatera Utara.
Kedua jeruk Siam ini berhasil menyisihkan puluhan jeruk dari sejumlah daerah penghasil di Indonesia.
Selamet pun senang pohon jeruk yang ditanamnya empat tahun lalu berhasil mengharumkan nama kelompok tani dan daerahnya. “Kaget dan bangga juga saat dikabari buah jeruk saya meraih juara II. Alhamdulillah, jeruk kami bisa mengharumkan nama daerah,” ujarnya.
Selengkapnya baca Banjarmasin Post edisi Kamis (25/8/2016) atau klik http://epaper.banjarmasinpost.co.id
Sumber : tribunnews

SHARE THIS

Author:

HABAR BANUA KALIMANTAN SELATAN, TERBAIK DALAM PENYAMPAIAN AKURAT DALAM INFORMASI

0 comments: