Kamis, 30 Juni 2016

Pulau Sewangi Batulicin

tepatnya pulau ini terletak di selat laut dan berbatasan dengan Kecamatan Pulau Laut Tengah, Kabupaten Kotabaru, Kelurahan Batulicin, Kec. Batulicin, Konon kabarnya pada tahun 1970 seorang peneliti dari Amerika pernah mengadakan penelitian di pulau tersebut. Dari hasil survey dan observasi terdapat kandungan nikel dan batubara.
Di pulau ini terdapat sumber mata air tawar. Ini menjadi pendapatan masyarakat yang bertempat tinggal disana dengan menjual air tawar ke kapal-kapal besar serta ke masyarakat jika terjadi musim kemarau. Produksi air bersih rata-rata 40 meter kubik per hari. Kendati kemarau sumber ini tidak pernah kering dengan kualitas air yang jernih.
Di pulau ini juga ada 2 buah lubang yang kedalamannya sekitar 15 m mengarah kedalam, dan apabila kita berjalan di atas lubang tersebut terdengar bunyi dengungan yang memantulkan bahwa lubang tersebut besar.
Menarik untuk menjadi tantangan bagi pecinta alam, serta kita yang ingin menikmati keindahan alam Pulau Sewangi dengan lebatnya hutan di pulau ini, makanya tempat ini dikatakan sebagai paru-parunya kabupaten Tanah Bumbu. 
 


                               Sumber : shodiq


SHARE THIS

Author:

HABAR BANUA KALIMANTAN SELATAN, TERBAIK DALAM PENYAMPAIAN AKURAT DALAM INFORMASI

0 comments: