Kamis, 09 Juni 2016

Helwatin Najwa, Pejuang Sastra Di kalimantan Selatan dari Kotabaru

BIODATA HELWATIN NAJWA

Helwatin Najwa, anak dari bapak H. Imam Moechdi (alm) dan ibu Hj. Samlah, lahir di Munti Barabai, Hulu Sungai Tengah, tanggal 15 Mei 1967. Menjadi ibu bagi Najmah Aulia Prinajwa dan Muhammad Zainul Ambia Samawi, dari pernikahannya dengan Ir. Bowo Pribadi, M.Si. Sekarang berdomisili di Jalan Simpang Karya No.10 RT.11 RW.03 Selokayang Dirgahayu Kecamatan Pulau Laut Utara Kotabaru Kalsel.
Tahun 1991 menyelesaikan S1 jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia di FKIP Unlam, dan sedang berjuang menyelesaikan thesis di S2 jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah di Pasca Sarjana FKIP Unlam Banjarmasin. 
Sejak tahun 1993 sampai sekarang bertugas sebagai guru Bahasa dan Sastra Indonesia di SMKN 1 Kotabaru. Selain itu pernah mendapat tugas tambahan sebagai Wakasek Kesiswaan dan Wakasek Dunia Usaha dan Industri/Humas di tempat yang sama. Peserta terbaik pelatihan MMAS (menulis membaca dan apresiasi sastra) guru Bahasa Indonesia yang diikuti oleh peserta dari Jakarta, Jawa Timur, Kalteng dan Kalsel di LPMP Banjarmasin tahun 2008. 
Peserta Konggres Bahasa Indonesia IX tahun 2009 di Jakarta dan Konggres Bahasa Indonesia X tahun 2014 di Jakarta. Memiliki Sertifikat Kepala Sekolah Menengah sejak tahun 2012. Menjadi Instruktur Nasional (IN) Kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa Indonesia dari LPMP Banjarmasin tahun 2014-2015
Pendiri dan penanggungjawab Sanggar Sastra Siswa Indonesia (SSSI) Kotabaru  ini juga bertugas sebagai Dosen Bahasa Indonesia di STAI Darul Ulum Kotabaru sejak tahun 2000. Berkiprah di Dewan Kesenian Kabupaten (DKD) Kotabaru di bidang Sastra periode tahun 2008-2013. Pendiri komunitas sastra “Gema Sastra Siring Laut Kotabaru” GSSL Kotabaru tahun 2015. Bergiat di Komunitas Sastra Indonesia (KSI) Kotabaru. Beberapa essainya pernah dimuat di harian Radar Banjarmasin dan Media Kalimantan. Puisi-puisi anak asuhnya dalam SSSI Kotabaru pernah dimuat di harian Radar Banjarmasin dan majalah sastra Horison Jakarta. Beberapa puisinya termuat dalam Antologi Puisi Penyair Kotabaru Kotakutahun 2007, di  Bunga Rampai Puisi Aruh Sastra V Balangan Kalsel Tarian Cahaya di Bumi Sanggam” tahun 2008. Puisinya juga dapat ditemui di Antologi Puisi Penyair Hulu Sungai Tengah Bertahan di Bukit Akhir” tahun 2008, di Antologi Puisi Penyair Aruh Sastra VI Barito Kuala Kalsel Doa Pelangi di Tahun Emas” tahun 2009, Memberikan Prolog pada Antologi Sastra Mahasiswa Program Penyetaraan PBSID FKIP Unlam Banjarmasin Sejuta Langkah Mewangi” tahun 2009
Puisinya juga tergabung di Bunga Rampai Puisi Aruh Sastra VIII Hulu Sungai Tengah Kalsel Seloka Bisu Batu Benawa” tahun 2011. Puisinya juga tergabung dalam Antologi Puisi Aruh Sastra Kalsel X Kota Banjarbaru Tadarus Rembulan” tahun 2013, di Antologi Puisi ASKS XI Tapin Rantau Membuka Cakrawala Menyentuh Fitrah Manusia” tahun 2014, di Antologi Puisi Aruh Sastra Kalsel XII Martapura Kabupaten Banjar “Kalimantan Selatan: Menolak Untuk Menyerah” tahun 2015, di Antologi PMK “ Ensiklopegila Koruptor tahun 2015, di Antologi Puisi Memo untuk Presiden PMK tahun 2015, di Antologi Puisi Penyair Tifa Nusantara 2” tahun 2015, di Kumpulan Puisi 1000 Haiku Indonesia” tahun 2015, di Antologi Tadarus Puisi ke-12 Banjarbaru Ada Malam Bertabur Bintang” tahun 2015, di Antologi Penyair Nusantara Sajak Bunga Bangsa” tahun 2016, di Antologi Penyair Nusantara Perempuan Menolak Korupsi tahun 2015, di Antologi Penyair Nusantara Memo Untuk Teroris tahun 2016. Pada tahun 2012 menerbitkan antologi puisi-puisi siswanya yang tergabung dalam Sanggar Sastra Siswa Indonesia (SSSI) berjudul 'Haru Biru Kotabaru'. Menerbitkan Antologi Puisi pribadiMelintas Mega Jingga” tahun 2015 sebagai penanda HUT ke-8 SSSI Kotabaru yang diasuhnya. 
Kemudian beberapa waktu yang lalu masih di tahun 2016 tepatnya
Tanggal 31 Mei 2016, beliau mendapat penghargaan dari Bupati Kotabaru sebagai seniman/budayawan Kotabaru untuk bidang Seni Sastra melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan


inilah mengapa perjuangan beliau terhadap sastra di kalimantan selatan patut di Apresiasi.
Selain mengajar juga menjadi pembicara dalam seminar sastra, bedah buku, dan memberikan pelatihan tentang penulisan sastra bagi siswa dan mahasiswa di Kabupaten Kotabaru maupun di luar Kotabaru. 

Profilnya bisa dilihat di:


SHARE THIS

Author:

HABAR BANUA KALIMANTAN SELATAN, TERBAIK DALAM PENYAMPAIAN AKURAT DALAM INFORMASI

0 comments: