Kamis, 19 Mei 2016

Petugas Rutan Marabahan Gagalkan Penyelundupan 1.400 Dextro dan Zenith Dilempar Lewat Tembok

Upaya penyelundupan narkoba ke Lapas tidak hanya terjadi di Amuntai, menyusul terbongkarnya ulah Jauhar Noorlatifah yang nekat menyembunyikan 1001 butir Dextro di dalam kemaluannya, Selasa (17/5/2016) lalu.
Di Rutan Marabahan, petugas menemukan sebanyak 1.000 butir dextro dan 400 butir zenith saat petugas menyisir tembok di belakang Blok C Rutan, Rabu (18/5/2016). Kepala Rutan Marabahan, Sutrasno pun menyerahkan kasus ini ke Polres Marabahan.
Pil terlarang tersebut ditemukan saat sipir bersama Sutrasno menyisiri tembok di belakang blok C. Penyisiran dilakukan setelah petugas yang hendak jaga, Sabar Anju Pandang, melihat ada pengendara yang melemparkan sesuatu ke dalam tembok rutan sekitar pukul 18.30 Wita.
Anju berusaha mengejar keduanya namun gagal karena mereka melaju dengan kecepatan tinggi. Dia pun bergegas ke rutan dan menceritakan kejadian tersebut kepada Kepala Regu Pengamanan Ahmad Heru Septian.
Bersama Kepala Rutan, petugas jaga langsung menyisiri tembok. Ternyata benar ada bungkusan berisi 400 butir zenith dan 1.000 butir dextro.
Kepala Divisi Pemasyarakatan KemenkumHAM Kalsel Harun Sulianto mengapresiasi petugas lapas dan rutan yang sigap menggagalkan masuknya narkoba.
“Saya mengapresiasi kerja cerdas petugas dan ini kedua kalinya ibu Siti Fatimah berhasil menggagalkan penyelundupan narkoba. Bila tidak teliti pasti lolos dan berbahaya bagi keamanan dan ketertiban lapas. Bu Siti Fatimah itu luar biasa. Saya bangga punya anggota seperti beliau. Walau usianya tidak muda tapi kerjanya luar biasa,” katanya, Rabu (18/5/2016) siang.
Haru mengatakan Divisi Pemasyarakatan memang memotivasi anggotanya di lapas dan rutan untuk saling bersaing dalam memberantas peredaran gelap narkoba. Ini agar tercipta suasana kompetitif positif antara para petugas di 13 Lapas/Rutan Kalsel.
"Apalagi di Amuntai dan Kotabaru rawan obat-obat seperti itu. Di Rutan Marabahan juga ada temuan obat-obat itu masuk," kata Harun. (kur)
Sumber : tribunnews

SHARE THIS

Author:

HABAR BANUA KALIMANTAN SELATAN, TERBAIK DALAM PENYAMPAIAN AKURAT DALAM INFORMASI

0 comments: