Kamis, 19 Mei 2016

Batola Tak Ingin Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan Terulang

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPAD) ULM yang tergabung dalam Focus Grup Discusion (FGD) melaksanakan diskusi pencegahan kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Batola.
Kegiatan bertemakan Strategi Komunikasi Pemberdayaan Masyarakat dalam Pencegahan dan Penanggulangan Bencana Kebakaran Lahan Sub-Optimal dan Kabut Asap di Areal Perkebunan Kelapa Sawit di Kalsel dilaksanakan di Hotel Prima, Marabahan, Kamis (19/6/2016).
Anggota Peneliti, Hairi Firmansyah mengataka kegiatan diskusi untuk mengetahui sejauh mana peran jajaran Pemkab Batola dalam upaya mencegah dan menanggulangi kebakaran hutan dan lahan di wilayah.
“Nantinya, setelah selesai kegiatan ini, kita akan membetuk kelompok kelompok untuk melakukan pencegahan secara dini kebakaran hutan dan lahan,” ujarnya.
Musibah kebakaran hutan dan lahan di kalsel pada tahun 2015 lalu terjadi lantaran keterlambatan dalam mengantisipasinya.
Untuk itu, kata Hairi, agar musibah tidak terulang lagi, maka di tahun ini akan mengajak seluruh masyarakat untuk mengantisipasinya.
“Masalah motif pembakaran lahan itu ada dua, pertama dilatarbelakangi budaya dan kedua dilatar belakangi ekonomi,” katanya.
Sumber : tribunnews

SHARE THIS

Author:

HABAR BANUA KALIMANTAN SELATAN, TERBAIK DALAM PENYAMPAIAN AKURAT DALAM INFORMASI

0 comments: