Beriklan Disini

Ada Empat Titik Longsor Jalur Kandangan-Batulicin


Darman terkejut saat melintasi jalur Batulicin (Kabupaten Tanahbumbu) menuju Kandangan (Kabupaten Hulu Sungai Selatan/HSS). Pasalnya ruas jalan yang dilaluinya ternyata cukup ekstrim.
Terutama, jalan yang berada di kawasan Pegunungan Meratus, banyak yang longsor. Hal itu diketahui saat Rabu (18/5/2016). Bahkan ada badan jalan yang longsor mencapai bagian tengah.
Dia pun terkejut karena sangat berbahaya bahkan tidak ada penandanya. Padahal saat itu dirinya baru selesai melewati tikungan. Beruntung dirinya tidak mengemudikan mobil dengan cepat sehingga bisa melewatinya dengan selamat.
Tentu saja, dirinya sangat berharap segera ada perbaikan jalan. Karena kondisinya sangat berbahaya sekali bagi pengendara yang melintas. Karena hampir semua ruas jalan yang longsor, tidak memiliki penanda sama sekali. Bila pengendara mengemudi dengan cepat, nyawanya bisa saja melayang.
"Saya lewat sana, mau ke Tanjung. Ternyata di beberapa lokasi, banyak yang berlubang. Sangat ekstrim," kata Darman, Minggu (22/5/2016), yang saat itu pergi bersama dengan saudaranya, Herman.
Menurutnya, ada empat titik jalan aspal yang longsor. Paling parah di sekitar Km72, Bagian yang longsor, lebih dari setengah badan jalan. Beruntung, di sisinya masih ada jalan tanah yang bisa dilalui.
"Parah sekali kondisi jalanannya. Kami ngeri sendiri lewatnya. Jadi takut lewat sana lagi," lontar Darman dengan nada trauma.
Terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Tanahbumbu, Roy Rizali Anwar, mengatakan, anggaran perbaikan jalan memang sudah ada dari Balai Jalan Nasional. Bukan dari APBD Tanahbumbu. Pekerjaannya pun dari Balai Nasional. Hanya, lokasinya saja yang memang berada di wilayah Kabupaten Tanahbumbu.
"Setahu saya, sudah mulai dikerjakan. Bila masih belum sampai di dalam wilayah Kabupaten Tanahbumbu, ada kemungkinan benar pekerjaan dari arah Kabupaten Banjar dan Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Karena semua itu satu jalur, yakni Batulicin-Lumpangi atau Loksado," katanya.
Ia pun menambahkan, pekerjaan perbaikan jalan di jalur itu dilaksanakan secara bertahap. Karena, anggarannya sudah turun dan sudah dikerjakan Balai Jalan Nasional. Tinggal menunggu waktunya, Mengingat, jalannya cukup panjang.
Sekadar diketahui, satuan lalu lintas Polres Tanahbumbu tidak merekomendasikan jalur tersebut untuk dilalui sejak 2015, Karena, kondisi jalannya yang sangat ekstrim sehingga rawan terjadi kecelakaan.
Sumber : tribunnews
Share:

Join With Us

Ads Google

Yang Sering Dibaca

Pasang Iklan

Info Kalsel Hari Ini

IBX5832BBDA88A32

Pendidikan