Rabu, 20 April 2016

Tugu 0 Kilometer Banjarmasin Bakal Jadi Ikon Wisata

TIDAK TERAWAT – Tugu 0 Km yang posisinya berada di pinggir sungai Martapura dan tepat di depan perkantoran Gubernur Kalsel di Banjarmasin ini sering luput dari perhatian.
BANJARMASIN - Selain berniat mengubah perkantoran Pemprov Kalsel di Banjarmasin menjadi Ruang Terbuka Hijau, Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor juga akan membenahi tugu 0 Km yang berada tepat di depan perkantoran Pemprov tersebut.
Tugu 0 Km yang saat ini hanya berbentuk tugu kecil yang terbuat dari batu, selama ini belum mendapat perhatian dari pemerintah. Apalagi di depannya ada drainase terlihat jebol. Padahal tugu 0 Km ini di daerah-daerah lain menjadi salah satu ikon daerah.
Kedepan, Sahbirin menginginkan akan membangun tugu tersebut dengan konsep yang lebih bagus, sehingga menjadi salah satu ikon wisata daerah. Ia menyayangkan, tugu 0 Km yang seharusnya dapat menjadi daya tarik daerah tidak dimanfaatkan dan dibiarkan begitu saja.
Bahkan, beberapa warga Kalsel, khususnya ada yang tak mengetahui tugu 0 Km Kalsel di sana. Sebab, selain warnanya tak menarik perhatian, kemasan pun hanya biasa. "Jika dibangun semenarik mungkin, bukan tak mustahil masyarakat akan senang. Dan Kalsel sendiri bisa lebih dikenal orang karena tugu 0 Km nya," harap Sahbirin.
Konsep tugu 0 Km yang dikehendaki orang nomor satu di Banua ini memang sejalan dengan wacana dirinya membangun RTH di area bekas perkantoran Pemprov Kalsel. Selain nantinya banyak ditempati sarana bermain dan fasilitas hijau, tugu 0 Km sendiri menjadi bagian dari RTH tersebut. "Keinginan ini akan dikaji bersama-sama terlebih dahulu," ujarnya.
Lebih jauh dijelaskannya, RTH yang dimiliki Kalsel dianggap masih kurang, oleh karena itu, keinginan ini diharapkan mendapat dukungan semua pihak agar selain memiliki sarana bermain keluarga yang nyaman, lingkungan yang bersih dan sejuk pun dirasa warga. "Jika di daerah lain ada ikon 0 Km nya, kalau di Kalsel punya bisa menjadi tempat wisata tersendiri," imbuhnya.
Sementara, salah seorang warga Banjarmasin, Rahman menyambut baik dengan keinginan yang diwacanakan Sahbirin soal ikon 0 Km. Sebab, menurutnya, sudah seharusnya Kalsel memiliki ikon daerah seperti di daerah lain. Ia iri dengan daerah lain, sebut saja di Bandung, Jawa Barat yang memiliki ikon 0 Km yang dikemas Pemdanya dengan bagus.
Terkait RTH yang akan dibangun di bekas perkantoran Pemprov Kalsel, ia tak bisa berkomentar. Namun, alangkah baiknya sebut warga Seberang Masjid, Banjarmasin ini, dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat. "Kebijakan memang ada di tangan gubernur. Namun, harus dipikir secara matang sebelum nantinya malah tak dimanfaatkan dengan benar," kata Rahman yang juga mendambakan ada RTH di kawasan itu. (mof/yn/ram)

SHARE THIS

Author:

HABAR BANUA KALIMANTAN SELATAN, TERBAIK DALAM PENYAMPAIAN AKURAT DALAM INFORMASI

0 comments: