Jumat, 01 April 2016

Sensus Ekonomi Bahkan Sampai Kepada Pebisnis Online

ilustrasi
BANJARMASIN – Badan Pusat Statistik (BPS) Kalsel kini tengah melakukan sejumlah persiapan guna menyongsong Program Sensus Ekonomi (SE) 2016. Program yang dijadwalkan bergulir pada bulan Mei tahun depan ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana tingkat perekonomian masyarakat melalui pendataan para pelaku usaha dari berbagai segmen. Salah satu segmen usaha atau bisnis yang akan disurvey oleh tim BPS adalah pelaku bisnis online.
Menurut Kepala BPS Kalsel, Dyan Pramono keberadaan pelaku bisnis online memang terbilang sulit dideteksi. Pasalnya, ada beberapa pelaku bisnis online yang tidak memiliki lokasi usaha yang tetap. “Untuk itulah, BPS Kalsel perlu melakukan pendataan secara terperinci. Sehingga, bisa diketahui secara pasti berapa jumlah pebisnis online yang ada di Kalsel hingga saat ini,” ungkap Dyan.
Dyan menjelaskan untuk melakukanj survey dan pendataan pebisnis online di Kalsel, pihaknya akan menerapkan sejumlah metode survey. Salah satunya dengan menyebar formulir qustioner. “Lembar formulir questioner ada yang berupa fisik, ada juga yang secara online. Dengan demikian, bagi pelaku bisnis online yang memiliki lokasi usaha tetap, bisa kami lakukan pendataan secara langsung. Sedangkan, bagi yang belum memiliki lokasi usaha tetap, bisa melakukan pengisian questioner secara online,” paparnya.
Dyan memperkirakan di Kalsel sebenarnya ada pelaku bisnis online. Namun, tak seluruhnya aktif dalam melakoni bisnis tersebut. Beberapa bahkan hanya memanfaatkan media sosial untuk menawarkan dagangannya tanpa memiliki laman web khusus atau toko online. “Kalsel lebih banyak jadi konsumen,” tandasnya.(oza)
Sumber: Radar

SHARE THIS

Author:

HABAR BANUA KALIMANTAN SELATAN, TERBAIK DALAM PENYAMPAIAN AKURAT DALAM INFORMASI

0 comments: