Beriklan Disini

Persiapan Makanan Haul Sekumpul 500 Ribu Lebih

500 Ribu Jamaah Bakal Penuhi Kompleks Sekumpul
BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Mendekati hari H haul ke-11 ulama besar Kalsel, Al Alimul Alamah Arif Billah KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau Guru Sekumpul, kesibukan makin terlihat sepanjang Jalan Sekumpul, Martapura Jumat (8/4/2016)
Tanpa komando, di tiap gang bahkan hampir di tiap rumah warga gotong royong sibuk mendirikan tenda.
Tak kalah sibuk, di bagian belakang rumah, dari ibu-ibu rumah tangga sampai anak-anak tengah mempersiapkan masakan untuk jemaah Haul Guru Sekumpul.
Diperkirakan sedikitnya 500 ribu jemaah akan hadir pada Haul Abah Guru Sekumpul akan dilakukan pada Minggu (10/4/2016) yang bertepatan dengan 5 Rajab 1437 hijriah.
Koordinator Haul Abah Guru Sekumpul, H Abdurrahman Salim, menyebut sebanyak 423.500 bungkus nasi samin sudah dipersiapkan.
Nasi samin sendiri jadi masakan khas tiap Haul Guru Sekumpul, bahkan sejak pengajian Guru Ijai dilaksanakan semasa beliau masih hidup.
"Ada 3.388 blek beras yang disiapkan untuk jemaah. Dagingnya, tiap blek sekitar 5 kilogram. Ya, sekitar 423.500 nasi samin disiapkan buat jemaah nanti. Semua murni dari masyarakat untuk para jemaah, kita hanya koordinir supaya tidak kacau," ujarnya Jumat (8/4/2016).
Jumlah itu, kata dia belum termasuk yang disiapkan oleh masing-masing warga dan tidak tercatat oleh koordinator.
"Ada yang nyumbang air mineral, menyediakan rumahnya untuk penginapan para jemaah dan lainnya. Semua inisiatif warga, tidak boleh ada yang minta," ujarnya.
Haul Guru Sekumpul sendiri memang seakan sudah jadi hajatan milik masyarakat Kota Martapura.
Hampir semua elemen masyarakat terlibat dan berpartisipasi dalam haul, tanpa komando, tanpa diminta.
Bahkan salah satu toko modern tampak sudah memajang spanduk, menyediakan air mineral gratis buat para jemaah Haul Guru Sekumpul.
Tak cuma itu, disekitar lokasi haul di Jalan Sekumpul, terlihat petugas PLN melakukan persiapan dan menyediakan genset-genset untuk pelaksanaan Haul Guru Sekumpul.
Diperkirakan sedikitnya 500 ribu jemaah akan hadir dalam Haul Abah Guru Sekumpul.
Share:

Join With Us

Ads Google

Yang Sering Dibaca

Pasang Iklan

Info Kalsel Hari Ini

IBX5832BBDA88A32

Pendidikan