Kamis, 21 April 2016

Mengenal Lebih Dekat Kabupaten KOTABARU dan Obyek Wisata Didalamnya


Secara Geografis, Kabupaten Kotabaru merupakan satu kabupaten yang daerahnya memanjang dari selatan ke utara, dan terletak di bagian timur provinsi Kalimantan Selatan. Walaupun merupakan sebuah kota kecil diantara kota – kota lainnya yang ada di Nusantara, tapi kotabaru ini cukup unik, karena kalau ditarik dari beberapa garis lintang dan bujur, boleh dikatakan Kotabaru persis ditengah – tengah Nusantara.
Kotabaru Sebagai Kabupaten terluas di wilayah Kalimantan Selatan (kurang lebih 9.422,46 km2) dan memiliki kurang lebih 150 pulau. Disebelah barat berbatasan dengan 4 Kabupaten, di sebelah utara dengan Kalimantan Timur, disebelah timur dengan Selat Makassar dan di selatan berbatasan dengan laut jawa. Untuk menuju kotabaru, jika dari Banjarmasin, tersedia pesawat Banjarmasin-kotabaru setiap hari.  Karna Kotabaru dikelilingi oleh lautan, maka banyak sekali pantai2 yang cantik yang berada dikotabaru. ini lah sedikit surga tersembunyi yang ada di ujung timur kalsel ini

Siring Laut
Sebuah tempat yang menjadi pusat acara, sebuah tempat berkumpulnya orang, sebuah tempat yang menjadi jantung keramaian Kotabaru. tempat itu sangat indah. Pemandangan laut di tengah kota. Bisa menyaksikan Sunset setiap hari sambil cuci mata. Biasanya banyak pengunjung mulai dari anak kecil hingga orang lanjut usia. Di siring laut banyak terdapat warung-warung tenda yang menjual berbagai macam kuliner, juga banyak pedagang kaki lima yang menjual berbagai macam mainan anak-anak. Anak-anakpun bisa menikmati permainan di sana seperti kereta kelinci, menyetir mobil-mobilan,dll 
Di Siring laut juga sering diadakan festival kebudayaan, festival musik dll, pemerintah kota disana menyediakan panggung umum dan terbuka tepat berada diatas gedung kesenian, dan ada juga panggung yang membelakangi laut, jadi bisa menyaksikan pertunjukan sambil melihat pemandangan laut. 

Air Terjun Tumpang 2
Air Terjun Tumpang Dua yang berlokasi di desa Sebelimbingan Kecamatan Pulau Laut Utara. Air terjun Tumpang Dua Merupakan kawasan objek wisata yang sangat menarik, indah dan sejuk dengan fasilitas kolam renang alami yang sangat nyaman, santai buat keluarga dengan suasana alam pegunungan yang jarang terdapat di daerah lain.  

Pantai Gedambaan
Belum lengkap kalau wisata ke Kabupaten Kotabaru kalau kita belum mengunjungi pantai Gedambaan 14 km dari Kota Kotabaru dengan tempat wisata pantai dengan pasir putihnya tersebut pemandangan yang khas dan ditambah sarana pendukung seperti Cottage (penginapan), Mushola, Kolam Pemancingan dan Warung Makan serta tempat duduk yang banyak tersedia. Pantai ini merupakan sebuah pantai yang sangat indah dan merupakan kebanggaan bagi masyarakat Kotabaru. Pantai ini terus dikembangkan dan pasilitasnya terus ditambah. Pada tahun 2006 dibangun kolam renang di kawasan sekitar pantai tersebut. Pantai ini selalu ramai dikunjungi khususnya pada hari sabtu da hari minggu. Selain itu juga tersedia sarana parkir yang luas akan memudahkan kita untuk berpiknik di Pantai Gedambaan. Dan tidur di Cottage Pantai Gedambaan. 


Teluk Gosong
Ada lagi pantai yang tak kalah indah dari pantai Gedambaan. Tempatnya masih alami, namanya Teluk Gosong, pantai yang dihiasi dengan bebatuan. Pantai Teluk Gosong ini.Selain perawan, pantai yang tidak jauh dari Pantai Gedambaan ini memiliki pemandangan yang lebih eksotis.Karena pasirnya lebih putih, air lautnya jernih, ada bebatuan besar di bibir pantai & tentu saja sepi dari pengunjung.


Air Terjun Seratak
Air terjun Seratak cukup mudah dicapai, karena jaraknya tidak terlalu jauh dari pusat kota. Dari kota Kotabaru ke Desa Seratak cuma berjarak 22 km, yang dapat ditempuh dalam waktu antara 20 sampai 30 menit. Sedangkan untuk menuju kawasan air terjun, harus ditempuh jalan setapak sekitar 2,5 km. Jika kita berjalan kaki dengan santai cukup satu jam sudah sampai ke air terjun. tinggi air terjun tersebut sekitar 4meter


Bukit Mamake
Untuk menuju ke bukit mamake ini, dari pusat kota hanya berjarak sekitar 5km saja,tepat nya berada di desa sigam kecamatan pulau laut utara. Untuk sampai ke puncak nya,, maka kita harus menempuh perjalanan yang menanjak dengan berjalan kaki sekitar  25-30 menit.


Teluk Tamiang
Teluk tamiang berada sekitar 120 km dari pusat kotabaru. Teluk tamiang memiliki pasir yang putih bersih dan terumbu karang yang indah.


Tanjung Kunyit
Untuk menuju tanjung kunyit sangat lah mudah. Kalian bisa carter kapal dari teluk tamiang untuk menuju kesini, dengan menempuh sekitar 20 menit saja kalian akan sudah tiba di tanjung kunyit. di Tanjung kunyit ini terdapat mercusuar setinggi 20meter. untuk menuju mercusuar ini, kaliah harus tracking sekitar 20 menit


Samber Gelap
Samber gelap merupakan primadona wisata kotabaru. Karna pulau ini memiliki pasir putih yang bersih, air yang jernih, terumbu karang yang indah dan udara yang sangat segar. disini terdapat mercusuar setinggi 20m. Air disini sangatlah jernih, kedalaman 5-6 meter saja pun kita masih bisa melihat terumbu karang dari atas speed. Daya tarik lain nya dari pulau ini yaitu ada nya kenservasi penyu. Bagi yang hobi memancing pun disini lah tempat nya, banyak nya ikan kerapu, ekor kuning, dan ikan lain nya yang siap menunggu umpan dari pancing kalian.


Pulau Kerayaan
Untuk menuju kesini, kalian bisa sewa kapal dari tanjung lalak dengan waktu tempuh sekitar 1 jam. Pulau Kerayaan terdiri dari Kerayaan besar dan kerayaan kecil. Kerayaan besar merupakan sebuah desa dengan kecamatan pulau laut kepulauan dan berpenduduk sekitar 1600 jiwa. Sedangkan kerayaan kecil merupakan pulau kosong yang memiliki pasir putih bersih dan terumbu karang yang cantik. Daya tarik di kerayaan besar yaitu ada nya batu yang bernama Batu Laso dan di sini pun terdapat sebuah meriam peninggalan belanda.


Pulau Sembilan
Seperti nama nya, Pulau Sembilan, yap pulau ini terdiri dari 9 pulau yaitu Pulau Marabatuan, Denawan, Payung-payungan, Maradapan, Matasirih, Pamalikan, Labuan Barat, Kelambau, dan Pulau sarang.


Pulau Cinta
untuk menuju kesini, kalian harus ke tanjung lalak terlebih dahulu. banyak angkutan desa menuju tanjung lalak ini dari terminal pasar kotabaru...

Pantai Labatan
Mungkin untuk orang kotabaru sedikit asing mendengar nama pantai ini, karna pantai ini masih jarang dijamah sama wisatawan. Tempat ini sangat eksotis menurut saya, karna  Pantai labatan ini memiliki pasir putih dan bersih. Pantai ini terletak di desa lontar, kecamatan pulau laut barat…
Dari kotabaru untuk menuju kesini sekitar 120km. tersedia angkutan desa dari terminal kotabaru menuju lontar. Jika kalian ingin menginap di lontar, jangan khawatir karna disini banyak tersedia penginapan.

Masih banyak tempat-tempat wisata di Kabupaten Kotabaru yang belum diketahui banyak orang, Jadi Kenapa Tidak untuk berlibur di KOTABARU.

Sumber : wisata-auda


SHARE THIS

Author:

HABAR BANUA KALIMANTAN SELATAN, TERBAIK DALAM PENYAMPAIAN AKURAT DALAM INFORMASI

0 comments: