Jumat, 22 April 2016

FKH Kampanye Hijau Ke Sekolah




Organisasi masyarakat pecinta lingkungan, Forum Komunitas Hijau (FKH) Banjarmasin, Kalimantan Selatan, melakukan kampanye hijau sekaligus menanam pohon ke Sekolah Menengah Atas (SMA) 5 Jalan Sultan Adam Kota Banjarmasin.

Dalam kampanye hijau, tersebut koordinator lapangan FKH Zany Thalux menjelaskan bahwa FKH salah satu organisasi pecinta lingkungan melakukan berbagai kegiatan selama peringatan Hari Bumi.

"Kita menyiapkan sebanyak 1.000 pohon untuk melakukan aksi penghijauan di berbagai lokasi, selama Hari Bumi, termasuk memberi bantuan ke sekolah-sekolah," kata Zany Thalux, di Banjarmasih, Jumat.

Pada aksi hijau tersebut, pimpinan rombongan FKH Haji Hasan menyerahkan sejumlah bibit tanaman kepada pembina green school SMA 5, ibu Miswi Yati.

Kesempatan tersebut, sejumlah bibit tanaman seperti trambesi, mahoni, petai, jengkol, dan tanaman obat ditanam di berbagai sudut halaman sekolah yang sudah menjadi sekolah Adiwiyata tersebut.

Sementara FKH juga bergabung dengan sejumlah murid yang lagi melakukan produk kerajinan yang berbahan limbah seperti botol plastik, menjadi barang berharga.

Zany Thalux menuturkan aksi hijau selama Hari Bumi sudah dilakukan pembagian 200 bibit pohon secara gratis yang dilakukan anggota FKH di Jalan Brigjen Hasan Basri, tepatnya di depan kampus Universitas Lambung Mangkurat (Unlam) Banjarmasin.

Pohon-pohon tersebut selain dibagikan ke masyarakat yang membutuhkannya sebagian besar adalah untuk menanam penghijauan yang dilakukan FKH sendiri, yakni untuk di ruang terbuka hijau (RTH) milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Jalan Pramuka Banjarmasin yang akan dilakukan Sabtu (23/4).

Di lokasi ini sebenarnya sudah pula ditanam sebanyak 200 pohon penghijauan pada aksi sebelumnya berupa pohon bintaro, pohon trambesi, pohon tanjung, dan pohon enau.

"Kita ingin RTH PDAM tersebut, benar-benar hijau, sebagai karya FKH di sana sebagai habitatnya berbagai binatang, kantong oksigen, dan wilayah penyerap polutan," kata Zany Talux.

Selain itu, tambahnya bibit pohon juga akan ditanam di kawasan Jalan Kayu Tangi sekitar lapangan sepak bola, RTH Unlam, dan beberapa lokasi lagi yang dianggap perlu dihijaukan wilayah Kota Banjarmasin ini.

Sumber : antarakalsel

SHARE THIS

Author:

HABAR BANUA KALIMANTAN SELATAN, TERBAIK DALAM PENYAMPAIAN AKURAT DALAM INFORMASI

0 comments: