Select Menu

Join With Us

wisata kalimantan selatan

Berita Utama

Beriklan Disini

Cute

My Place

Liputan Khusus

Racing

Videos

Masukan Email Anda...

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner



Masukan Email Anda dan Dapatkan Berbagai Diskon Selama Anda Di Kalimantan Selatan
» » Tanggul Jebol, Sudah Tiga Tahun Warga Aluh-aluh Tak Bisa Garap Sawah
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama


Air pasang tiga tahun silam yang menghantam sejumlah desa di Kecamatan Aluh-aluh,Kabupaten Banjar hingga kini masih menyisakan dampak buruk terhadap pertanian di Desa Sungai Musang.
Hantaman air pasang disertai angin kencang ketika itu, membuat tanggul penahan air laut di Desa Sungai Musang jebol. Akibatnya, setiap pasang tiba air masuk menggenangi persawahan warga.
Sayangnya, tiga tahun berlalu belum ada penanganan serius dari Pemkab Banjar terhadap jebolnya tanggul tersebut. Selama itu pula, lahan sawah seluas 300 hektare di Desa Sungai Musang tidak bisa lagi digarap karena saat pasang air masuk dan merendam padi.
Petani di Desa Sungai Musang, Zulkifli menjelaskan, di desa mereka yang berbatasan langsung dengan laut terdapat tanggul penahan air pasang yang memanjang dari Muara Sungai Musang hingga ke Muara Pembantanan.
Tanggul itu panjangnya sekitar 10 kilometer ini dengan ketinggian sekitar tiga meter. Tanggul ini, sangat bermanfaat melindungi petak-petak sawah petani dari hantaman air pasang laut.
Sekitar 300 hektare sawah di Desa Sungai Musang yang mendapatkan manfaat keberadaan tanggul tersebut. Setiap panen tiba, padi yang dihasilkan para petani melimpah.
"Tanahnya di sini subur sekali. Satu borong itu, bisa menghasilkan sampai 15 blek. Saya saja, dari dua hektare sawah, satu hektarnya bisa mendapatkan 450 blek sekali musim panen padi Siam Unus," katanya.
Sumber : tribunnews

Admin Info Seputar Kalimantan Selatan

Kami adalah StartUp Digital Berbasis Informasi Daerah yang akan terus kami Update dan Kami kembangkan Segala Jenis Informasinya, Sehingga akan selalu berkembang dari segi informasi dan keterbukaan Publik, Sehingga kami dengan leluasa bisa berbagi Informasi Tentang Semua Yang Ada Di Kalimantan Selatan, Karena Motto Kami "Semakin Mudah Suatu Daerah Diakses, Maka Akan semakin cepat Perkembannya" Dan Kami Akan Terus Berbenah.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar

Leave a Reply