Select Menu

Join With Us

wisata kalimantan selatan

Berita Utama

Beriklan Disini

Cute

My Place

Liputan Khusus

Racing

Videos

Masukan Email Anda...

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner



Masukan Email Anda dan Dapatkan Berbagai Diskon Selama Anda Di Kalimantan Selatan
» » Wisata Yang Ada Di Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Wonderful South Borneo ..
Kalimat ini pantas ditujukan untuk Kotabaru.. Alasan nya ? Silahkan baca artikel ini sampai habis ^_^

Mungkin banyak diluar kalsel yang pernah dengar akan kotabaru, tapi tidak banyak yang tau letak kotabaru persis nya dimana.  kenapa begitu ?
Saya pernah mengalami ketika berlibur ke luar kalimantan.. ketika ada yang bertanya saya dari mana, saya pun menjawab dari Kotabaru. Beliau pun bilang apa kotabaru yang di lagu nasional itu, beliau pun menyanyikan lagu tersebut.. tapi beliau tidak tahu kotabaru persis nya berada di provinsi mana ?
Yap,karna nama Kotabaru ada pada lagu yang tidak asing di telinga kita, lagu “Paris Barantai”
“Kotabaru gunung nya bamega
  Bamega ombak manampur di sala karang
  Ombak manampur di sala karang…… “
Secara Geografis, Kabupaten Kotabaru merupakan satu kabupaten yang daerahnya memanjang dari selatan ke utara, dan terletak di bagian timur provinsi Kalimantan Selatan. Walaupun merupakan sebuah kota kecil diantara kota – kota lainnya yang ada di Nusantara, tapi kotabaru ini cukup unik, karena kalau ditarik dari beberapa garis lintang dan bujur, boleh dikatakan Kotabaru persis ditengah – tengah Nusantara.
Kotabaru Sebagai Kabupaten terluas di wilayah Kalimantan Selatan (kurang lebih 9.422,46 km2) dan memiliki kurang lebih 150 pulau. Disebelah barat berbatasan dengan 4 Kabupaten, di sebelah utara dengan Kalimantan Timur, disebelah timur dengan Selat Makassar dan di selatan berbatasan dengan laut jawa.
Untuk menuju kotabaru, jika kalian dari Banjarmasin, tersedia pesawat Banjarmasin-kotabaru setiap hari. tapi jika kalian dari Balikpapan, Jakarta dll,maka harus mengambil penerbangan menuju Banjarmasin terlebih dahulu,setelah transit dari Banjarmasin, bisa melanjutkan penerbangan ke kotabaru.. jika ingin menghemat budget , kalian bisa menggunakan jalur darat dari Banjarmasin, tersedia bis menuju kotabaru..
Karna Kotabaru dikelilingi oleh lautan, maka banyak sekali pantai2 yang cantik yang berada dikotabaru.. nah kali ini saya akan mengajak kalian untuk melihat sedikit surga tersembunyi yang ada di ujung timur kalsel ini

Siring Laut
Auda sih bukan hanya pernah kesini,, tapi sering banget ..disini Sebuah tempat yang menjadi pusat acara, sebuah tempat berkumpulnya orang, sebuah tempat yang menjadi jantung keramaian Kotabaru. tempat itu sangat indah. Pemandangan laut di tengah kota. Bisa menyaksikan Sunset setiap hari sambil cuci mata. Biasanya banyak pengunjung mulai dari anak kecil hingga orang lanjut usia. Di siring laut banyak terdapat warung-warung tenda yang menjual berbagai macam kuliner, juga banyak pedagang kaki lima yang menjual berbagai macam mainan anak-anak. Anak-anakpun bisa menikmati permainan di sana seperti kereta kelinci, menyetir mobil-mobilan,dll
Di Siring laut juga sering diadakan festival kebudayaan, festival musik dll, pemerintah kota disana menyediakan panggung umum dan terbuka tepat berada diatas gedung kesenian, dan ada juga panggung yang membelakangi laut, jadi bisa menyaksikan pertunjukan sambil melihat pemandangan laut. Hebat kan tuh…..


sunset di siring laut
Air Terjun Tumpang 2
Air Terjun Tumpang Dua yang berlokasi di desa Sebelimbingan Kecamatan Pulau Laut Utara. Air terjun Tumpang Dua Merupakan kawasan objek wisata yang sangat menarik, indah dan sejuk dengan fasilitas kolam renang alami yang sangat nyaman, santai buat keluarga dengan suasana alam pegunungan yang jarang terdapat di daerah lain.  



Pantai Gedambaan
Belum lengkap kalau wisata ke Kabupaten Kotabaru kalau kita belum mengunjungi pantai Gedambaan 14 km dari Kota Kotabaru dengan tempat wisata pantai dengan pasir putihnya tersebut pemandangan yang khas dan ditambah sarana pendukung seperti Cottage (penginapan), Mushola, Kolam Pemancingan dan Warung Makan serta tempat duduk yang banyak tersedia. Pantai ini merupakan sebuah pantai yang sangat indah dan merupakan kebanggaan bagi masyarakat Kotabaru. Pantai ini terus dikembangkan dan pasilitasnya terus ditambah. Pada tahun 2006 dibangun kolam renang di kawasan sekitar pantai tersebut. Pantai ini selalu ramai dikunjungi khususnya pada hari sabtu da hari minggu. Selain itu juga tersedia sarana parkir yang luas akan memudahkan kita untuk berpiknik di Pantai Gedambaan. Dan tidur di Cottage Pantai Gedambaan.

Teluk Gosong
Ada lagi pantai yang tak kalah indah dari pantai Gedambaan. Tempatnya masih alami, namanya Teluk Gosong, pantai yang dihiasi dengan bebatuan.
Tapi jujur saya lebih menyukai Pantai Teluk Gosong ini.Selain perawan, pantai yang tidak jauh dari Pantai Gedambaan ini memiliki pemandangan yang lebih eksotis.Karena pasirnya lebih putih, air lautnya jernih, ada bebatuan besar di bibir pantai & tentu saja sepi dari pengunjung.

Air Terjun Seratak
Air terjun Seratak cukup mudah dicapai, karena jaraknya tidak terlalu jauh dari pusat kota. Dari kota Kotabaru ke Desa Seratak cuma berjarak 22 km, yang dapat ditempuh dalam waktu antara 20 sampai 30 menit. Sedangkan untuk menuju kawasan air terjun, harus ditempuh jalan setapak sekitar 2,5 km. Jika kita berjalan kaki dengan santai cukup satu jam sudah sampai ke air terjun. tinggi air terjun tersebut sekitar 4meter
 


Bukit Mamake
Untuk menuju ke bukit mamake ini, dari pusat kota hanya berjarak sekitar 5km saja,tepat nya berada di desa sigam kecamatan pulau laut utara. Untuk sampai ke puncak nya,, maka kita harus menempuh perjalanan yang menanjak dengan berjalan kaki sekitar  25-30 menit.


Teluk Tamiang
Teluk tamiang berada sekitar 120km dari pusat kotabaru. Teluk tamiang memiliki pasir yang putih bersih dan terumbu karang yang indah.
sumber aditraveller.blogspot.com
sunset didermaga teluk tamiang
hasil rumput laut teluk tamiang
terumbu karang di teluk tamiang
Tanjung Kunyit
Untuk menuju tanjung kunyit sangat lah mudah. Kalian bisa carter kapal dari teluk tamiang untuk menuju kesini, dengan menempuh sekitar 20 menit saja kalian akan sudah tiba di tanjung kunyit. di Tanjung kunyit ini terdapat mercusuar setinggi 20meter. untuk menuju mercusuar ini, kaliah harus tracking sekitar 20menit
dermaga tanjung kunyit


Samber Gelap
Samber gelap merupakan primadona wisata kotabaru. Karna pulau ini memiliki pasir putih yang bersih, air yang jernih, terumbu karang yang indah dan udara yang sangat segar. disini terdapat mercusuar setinggi 20m.
Air disini sangatlah jernih, kedalaman 5-6 meter saja pun kita masih bisa melihat terumbu karang dari atas speed. Daya tarik lain nya dari pulau ini yaitu ada nya kenservasi penyu. Bagi yang hobi memancing pun disini lah tempat nya, banyak nya ikan kerapu, ekor kuning, dan ikan lain nya yang siap menunggu umpan dari pancing kalian. Yap sejak saya sering kesini, hobi terbaru saya adalah memancing ^_^
view dari atas mercusuar
Open trip ke samber gelap, MP Kotabaru. harga mulai dari 600ribuan tergantung jumlah orang..
include pp speed, makan 3x, biaya masuk obyek wisata & nginap, snorkeling, mancing dan tips guide waktu bisa menentukan tanggal keberangkatan sendiri.
Cp : sms / wa / line 085350074715

6. Pulau Kerayaan
Untuk menuju kesini, kalian bisa sewa kapal dari tanjung lalak dengan waktu tempuh sekitar 1 jam. Pulau Kerayaan terdiri dari Kerayaan besar dan kerayaan kecil. Kerayaan besar merupakan sebuah desa dengan kecamatan pulau laut kepulauan dan berpenduduk sekitar 1600 jiwa. Sedangkan kerayaan kecil merupakan pulau kosong yang memiliki pasir putih bersih dan terumbu karang yang cantik.
Daya tarik di kerayaan besar yaitu ada nya batu yang bernama Batu Laso dan di sini pun terdapat sebuah meriam peninggalan belanda. Untuk orang makasar mungkin sudah tau apa arti nya laso. yah mengapa dinamakan demikian, karena memang batu tersebut mirip dengan nama nya sendiri :-D 
dermaga kerayaan besar
batu laso
meriam peninggalan belanda
kerayaan kecil
kerayaan kecil
terumbu karang di kerayaan kecil
Pulau Sembilan
Seperti nama nya, Pulau Sembilan, yap pulau ini terdiri dari 9 pulau yaitu Pulau Marabatuan, Denawan, Payung-payungan, Maradapan, Matasirih, Pamalikan, Labuan Barat, Kelambau, dan Pulau sarang.untuk melihat artikel pulau sembilan, bisa klik disini
pulau pamalikan
terumbu karang di pulau sembilan
Pulau Cinta
untuk menuju kesini, kalian harus ke tanjung lalak terlebih dahulu. banyak angkutan desa menuju tanjung lalak ini dari terminal pasar kotabaru... sesampai di tanjung lalak, kalian bisa carter kapal untuk menuju kesini

Pantai Labatan
Mungkin untuk orang kotabaru sedikit asing mendengar nama pantai ini, karna pantai ini masih jarang dijamah sama wisatawan. Tempat ini sangat eksotis menurut saya, karna  Pantai labatan ini memiliki pasir putih dan bersih. Pantai ini terletak di desa lontar, kecamatan pulau laut barat…
Dari kotabaru untuk menuju kesini sekitar 120km. tersedia angkutan desa dari terminal kotabaru menuju lontar. Jika kalian ingin menginap di lontar, jangan khawatir karna disini banyak tersedia penginapan.

Batu Jodoh
Batu jodoh terletak di pantai aru kecamatan pulau laut selatan, batu ini merupakan tempat yang dipercaya oleh masyarakat sekitar sebagai tempat terkabul segala ikrar sepasang kekasih. perjanjian atau ikrar dilakukan dengan duduk diatas kedua batu tersebut kemudian sepasang kekasih tersebut saling berikrar dengan begitu mereka meyakini bahwa ikrar mereka tersebut dapat terkabul. keyakinan ini sudah dipercaya masyarakat secara turun temurun sehingga banyak wisatawan yang melakukan ikrar diatas batu tersebut.
Teluk kemuning


masih banyak tempat wisata yang ada dikotabaru. masih banyak tempat wisata yang belum Auda kunjungin. seperti :

Masih banyak tempat wisata yang tidak terupload di blog ini,karena cuma ini yang baru auda tau..

contoh nya

- Goa Temuluang
- Tanjung Dewa dengan keindahan Bebatuan yang indah dan sering dikunjungi oleh warga     Tionghoa untuk memenuhi hajat
- Pulau Manti dengan Pantai tempat Penyu bertelur dan terumbu karang
- Pulau Birah-Birahan dengan Pantai tempat Penyu bertelur dan terumbu karang
- Pantai Mekar Putih dengan Keindahan pantai dan panorama alam
- Goa Tangkinang
- Goa Liang Kadap
- Goa Tingkat Tujuh
- dll 
 
Sumber Tulisan: Wisata Auda

Admin Info Seputar Kalimantan Selatan

Kami adalah StartUp Digital Berbasis Informasi Daerah yang akan terus kami Update dan Kami kembangkan Segala Jenis Informasinya, Sehingga akan selalu berkembang dari segi informasi dan keterbukaan Publik, Sehingga kami dengan leluasa bisa berbagi Informasi Tentang Semua Yang Ada Di Kalimantan Selatan, Karena Motto Kami "Semakin Mudah Suatu Daerah Diakses, Maka Akan semakin cepat Perkembannya" Dan Kami Akan Terus Berbenah.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
Comments
0 Comments